Sholat Berjamaah Siswa SMAN 1 Ngrayun

Sholat Berjamaah Siswa SMAN 1 Ngrayun
Pengembangan diri

TIGA FAKTOR YANG MENINGGIKAN DERAJAT MANUSIA DI HADAPAN ALLAH SWT

Setiap manusia pasti berharap hidupnya bahagia dan mulia di hadapan manusia dan disisi Allah.Semua ini akan tercapai manakala manusia itu memiliki ketundukan kepada Allah karena setiap kehidupan yang ada di muka bumi ini semua tidak lepas dari peran Allah swt. Untuk itu janganlah berharap akan mendapatkan derajat mulia bila kita tidak memanfaatkan semua yang kita miliki di dunia ini untuk kita gunakan dengan ikhlas di jalan Allah.
Allah berfirman di dalam Al-Qur'an surat At-Taubah : 20
"Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah, dengan harta dan jiwa mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah. Mereka itulah orang yang memperoleh kemenangan".
Berdasarkan Ayat di atas, ada tiga faktor yang membuat manusia bisa mencapai derajat yang tinggi dan meraih kemenangan yaitu :
1. Iman
Iman adalah keyakinan kepada Allah dengan hati, diucapkan dengan lisan dan diamalkan dengan perbuatan
2. Hijrah
Hijrah adalah meninggalkan apa yang dilarang Allah.
3. Jihad
Jihad adalah bersungguh sungguh dalam melaksanakan dan menegakan nilai-nilai islam, kesungguhan ini dimulai dari menundukan hawa nafsu agar selalu dalam ketaatan kepada Allah swt. Puncak jihad adalah perjuangan menegakan agama Allah dengan pengorbanan harta dan jiwa. Allah berfirman (Ash-Shaff: 10-11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar