Sholat Berjamaah Siswa SMAN 1 Ngrayun

Sholat Berjamaah Siswa SMAN 1 Ngrayun
Pengembangan diri

MERANCANG HIDUP SUKSES DENGAN SEMANGAT MUHARAM

Islam bisa ditegakan dengan tiga pilar yaitu Iman, Hijrah dan Jihad. Dengan tiga pilar ini akan mengantarkan Muslim kepada kehidupan sejah tera dunia dan akherat. Untuk menjapai itu maka muslim dituntut memiliki komitmen yang kuat akan :
1. Memiliki Iman yang kuat
Menjadikan iman sebagai landasan hidup dalam segala aspeknya. Hidup seorang muslim harus bertumpu di atas keimanan yang murni dan suci kepada Allah swt. Dengan keimanan yang murni dan suci itu hidup muslim akan terbebas dari segala bentuk penindasan iman dan tidak akan goyah sekalipun diterjang oleh badai dahsyat apapun yang akan menggoyahkan imanya.
2. Meneladani semangat hijrah dari Rasululloh
Pengorbanan yang sangat luar biasa yang dilakukan oleh Rasululloh dan para sahabat didalam melakukan dakwah untuk tetap berusaha agar siar Islam itu terus tersebar dimuka bumi walaupun cobaan dan pengorbanan yang luar biasa baik tenaga, bikiran harta dan bahkan jiwa sekalipun dikorbankan dan bahkan harus merelakan meninggalkan semuanya yang dimiliki untuk berhijrah ke madinah. Meski orang kafir senantiasa berusaha untuk menghalanginya karena keikhlasan dalam berdakwah maka Allah lindungi orang mukmin dari gangguan dan tipu daya mereka. Allah berfirman dalam Surat Al. Anfal : 30
30. Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya.
72. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertoIongan (kepada orang-orang Muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi[624]. dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, Maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, Maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang Telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.
3. Semangat untuk berjihad
78. Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. dia Telah memilih kamu dan dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. dia (Allah) Telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu[993], dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, Maka Dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. dia adalah Pelindungmu, Maka dialah sebaik-baik pelindung dan sebaik- baik penolong.
Rasululloh saw memberikan resep : Arba’at min sa’adat al mar’i yaitu :

1. Antakuna jaujatuhu sholikhah : Seseorang akan mengalami kesuksesan hidup jika pasangan hidupnya salih . dengan menjadikan keluarga sakinah mawahdah warohmah dengan menjalankan ajaran Islam secara kafah.

2.Waauladuhu abroro: Hidupkita akan mendekati kesuksesan jika anak-anak kita adalah anak-anak yang baik yaitu anak yang sholeh dan sholehah

3.Wakhuluthouhu sholiqin:Hidup kita akan mengalami kesuksesan jika lingkungan

hidup kita tinggal adalah lingkungan hidup yang baik.
4.Antakuna warizquhu fibiladihi : Mencari Rizqi kita di negeri kita sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar